Souvenir pernikahan unik dan bagus, aneka mahar dan souvenir lainnya

Follow us on Facebook

Senin, 30 Januari 2017

Liputan Bros dari kresek

Saat ini semakin banyak crafter yang tertarik untuk berkreasi dengan bahan daur ulang. Motivasinya macam-macam, mulai dari pemanfaatan limbah, mengfusionalkan barang bekas, sampai ingin berinovasi. Daur ulang memang selalu menarik untuk di angkat menjadi sebuah topik dan objek eksperimen. Menariknya lagi prodak dari hasil daur ulang punya nilai ekonomis yang tinggi dan membuat orang takjub ,karna proses pembuatan dan ide yang begitu unik .

Ini juga yang membuat saya tertarik untuk mencoba seperti yang lain dan ini juga yang membuat saya diliput oleh salah satu media cetak di Bojonegoro. Mencoba membuat kreasi dari daur ulang , dibutuhkan sebuah ide yang tak lazim, ide yang belum pernah di kerjakan orang lain dan ide yang nantinya bisa menghasilkan sebuah kreasi bukan saja bagus tapi juga bermanfaat dan mudah menjualnya.



Tapi apa ya barang atau sampah disekitar kita yang memenuhi kriteria saya sendiri di atas, yaitu mklai bentuk, proses , manfaat, nilai jual dan pangsa pasarnya? .... Akhirnya terlintas lah kantong kresek dari pikiran saya. Yup.... Kantong kresek banyak sekali kita temui di sekitar lingkungan. Saat kita belanja, kantong kresek ini menjadi barang wajib yang harus disediakan penjual sebagai tempat atau wadah barang yang di beli oleh pembeli di tokonya. Meski pembeli hanya beli satu barang, tapi tidaklah etis rasanya kalau penjual tidak membungkusnya dengan kantong kresek. Begitu pun sebaliknya, pembeli juga akan menuntut minta di beri kantong kresek pada penjual, karna malu benteng barang tanpa di bungkus kantong kresek.

Hampir semua toko atau penjual menggunakan kantong kresek, mulai dari penjual bakso, kelontong, gorengan, toko ATK, sampai supermarket. Yah....begitulah, kantong kresek ini sudah merupakan alat penunjang wajib dalam semua transaksi jual beli. Bayangkan , berapa orang yang bertransaksi , dan berapa banyak kantong kresek yang beredar di masyarakat. Waahhh.....banyak banget kan.

Tapi sayangnya, banyak orang yang kurang memanfaatkan kantong kresek tersebut. Seperti pembeli pada umumnya, ketika sampai dirumah, kantong kresek ini langsing di buang begitu saja, hingga sampah kantong kresek ini adalah yang paling banyak kita jumpai. Dan sayangnya lagi, kantong kresek ini merupakan barang yang tidak bisa di urai ditambah, butuh berapa puluh tahun untuk hancur dan terurai. Hemm... kompleks ya permasalahan sampah kantong kresek ini.... 😁

Tapi disini saya nggak akan bahas masalah sampahnya, tapi saya akan coba berkreasi dengan menggunakan kresek bekas. Ini tantangan pribadi buat saya. Menurut pengamatan saya selama ini sudah banyak juga crafter yang membuat kreasi daur ulang dari kresek seperti bunga, topi, dompet dan tas. Nah, saya mau coba ude lain yang lebih simple tapi sesuai dengan harapan saya di atas. Jatuh dech pilihan saya untuk membuat kresek tersebut menjadi Bros rajut yang cantik.

Caranya cukup mudah, kantong kresek tinggal kita potong memanjang, ujung atas dan bawah kita buang, lalu kita satukan seperti karet gelang, setelah itu baru kita sulam membentuk bunga. Langkah-langkah nya seperti kita membuat Bros dengan bahan benang. Cuma memang dibutuhkan kehati-hatian, karna bahannya yang dari kresek ini diperlukan perlakuan kusus. Jika ditarik terlalu kencang maka akan berisiko putus, tapi jika kurang tarikannya maka hasilnya kurang bagus.

Bros rajut dari kresek


Sambil bercerita saya pun mempraktekkan cara membuat Bros tersebut. Mulai dari awal pemotongan, proses penyambungan dan proses merajutnya. Langkah demi langkah saya beri penjelasan, hingga wartawan yang bertugas untuk mewawancarai saya pun tertarik untuk ikut mencoba. Alhamdulillah mbaknya seneng banget dan merasa puas meski tidak bisa menyelesaikan rajutan kreseknya. "Ternyata susah ngrajut dengan bahan kresek, apalagi harus menjadikannya sebuah Bros" begitu komentarnya.

Semoga ini bisa menginspirasi bagi yang lain, tidak ada salahnya kita mencoba sesuatu yang bermanfaat. Dan semoga bisa menumbuhkan kesadaran kita untuk peduli lingkungan. Selamat berkreasi, salam bahagia selalu dari Tongkat Peri Craft 😘

Bagi yang ingin pesan handmade dan minta pelatihan/kursus kerajinan , silahkan hubungi :
BBM d22bef78
WA 082143186427




Share:

0 comments:

Posting Komentar

Entri Populer