Souvenir dan mahar pernikahan unik dan bagus, aneka mahar uang hias, dan souvenir lainnya

Follow us on Facebook

Selasa, 14 Februari 2017

Pelatihan Membuat Hantaran di Kesbangpol Bojonegoro

Pelatihan Membuat Hantaran

Membuat hantaran dari sajadah dan mukena



Pelatihan membuat hantaran di Kesbangpolinmas Bojonegoro


Tepat di hari Ultah saya yang ke - 36 ada kado terindah untuk saya, yaitu bisa berbagi ilmu di kegiatan ibu-ibu Dharmawanita Pemkab Bojonegoro. Kegiatan rutin yang diadakan tiap bulan ini, bertempat di aula Kesbangpol . Dalam tiap pertemuan tersebut selain pertemuan rutin, masing-masing kecamatan yang mendapat giliran untuk mengisi acara. Kebetulan untuk bulan November, giliran kecamatan Malo, dan pihak mereka meminta saya untuk memberi pelatihan membuat hantaran.


Sebelum hari H, pihak koordinator menginformasikan ke saya kalo waktu yang disediakan hanya 2 jam, dan saya sempat bingung mau kasih materi apa dengan waktu yang singkat itu. Akhirnya saya putuskan untuk memberi materi hantaran membuat angsa dan bunga dari mukena.

Masing-masing peserta sudah membawa bahan sendiri seperti :
- mukena,
- sajadah,
- kotak hantaran,
-  gunting,
- kertas karton,
-  double tape,
- jarum pentul dan pulpen.

Untuk mukena dan sajadah kami menyarankan agar membawa yang ada dirumah saja. Tapi rupanya ibu-ibu ini saking semangatnya , mereka membeli mukena dan sajadah baru.



Sambutan dan perkenalan sebelum memulai pelatihan


Para peserta menyiapkan alat dan bahan

Sebelum materi, tak lupa saya memperkenalkan diri dulu pada ibu-ibu Dharmawanita yang saat itu ada sekitar 100 orang , bahwa kami adalah usaha yang bergerak di bidang jasa membuat mahar, hantaran, souvenir dan barang-barang handmade. Selain itu seperti biasa , kami juga perkenalkan nama pribadi dan juga lokasi tempat usaha.


Lalu menginjak acara berikutnya, kami jelaskan  apa sih hantaran itu, fungsinya untuk apa, dan bahannya apa aja yang diperlukan. Sehingga para peserta paham dan bisa memanfaatkannya pada saat yang tepat.




Semangat ibu-ibu Darmawanita  saat mengikuti pelatihan


Selanjutnya adalah acara inti yaitu membuat cara hantaran tersebut. Sebelumnya kami mengingatkan kembali akan bahan-bahan yang di perlukan. Sehingga bisa di persiapkan di meja masing-masing


Luar biasa semangat dari peserta, sambil saya menjelaskan, saya juga mengajak mereka untuk praktek sekaligus. Dibantu salah satu teman UMKM saya, mbak Restya, satu persatu dari peserta kita bantu, dan Alhamdulillah nya, ada beberapa peserta yang sudah saya kenal, dan mereka juga membantu proses turorial tersebut.

Tim dari Tongkat Peri Craft menjelaskan langjah--angkah pembuatan


Step by step sudah berjalan, nampaknya beliau-beliau ini tipe orang aktif dan mudah untuk belajar. Terbukti meski sebagian besar sudah sepuh, tapi semangatnya luar biasa untuk belajar berkreasi. Salah satunya adalah ibu camat , salah satu kecamatan di Bojonegoro . Beliau menghias bebeknya begitu cantik, dengan memasang mahkota pada kepala bebeknya.


Setelah semua hampir selesai, lanjut membuat bunga dari mukena. Kali ini saya mengajak mereka untuk membuat bunga yang simple, yah....bunga bentuk mawar. Senang sekali dan puas rasanya melihat hasil kreasi ibu-ibu ini, yang terkadang juga di luar dugaan.

Peserta yang kebanyakan adalah istri kepala dinas, dan juga stake holder  ini, saking semangatnya malah minta nambah waktu untuk diberi pelatihan hantaran model lain .... hehe. Kalo saya sich nggak masalah, InshaAllah selagi bisa pasti mau. Tapi apa daya,... Waktu memang sudah dibatasi, karna akan ada kegiatan lainnya.

Alhamdulillah, semua hasil kreasi bagus-bagus dan acara lancar. Terimakasih pada Bu Heny, yang saat itu menjabat sebagai istri Camat Malo, terimakasih juga pada sahabat saya Restya Ariesya sudah mau bantu jadi asisten dadakan ku...hehe, terimakasih juga buat peserta yang mengikuti setiap instruksi yang saya berikan dan mengikuti materi sampai selesai. Semoga bermanfaat .


Beberapa foto kegiatan saat pelatihan hantaran


                       
Berpose sebelum acara



                         


                           
Step pertama, mendasari kotak dengan koran bekas


Menjelaskan salah satu ke peserta




Salah satu hantaran yang sudah jadi



Membentuk sajadah menjadi kipas





Menjelaskan di depan cara membuat bunga





Salah satu kreasi cantik dari peserta




Semangatnya peserta mengikuti pelatihan hantaran





Asik mengikuti tutorial





Suasana pelatihan






Kurang lebih 100 peserta dari ibu-ibu Darmawanita Pemkab Bojonegoro mengikuti pelatihan ini



Untuk yang mau undang Tongkat Peri Craft sebagai pemateri, baik hantaran, mahar, souvenir, dan barang-barang handmade, bisa hubungi :

Tongkat Peri Craft
Fon/wa : 082143186427

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Entri Populer