Souvenir pernikahan unik dan bagus, aneka mahar dan souvenir lainnya

Follow us on Facebook

Minggu, 16 April 2017

Jalani Usaha Sesuai Passion Sangat Mengasyikkan

Banyak yang dengar orang buka usaha itu yang bagus itu yang sesuai passion. Batewe apakah passion itu sendiri? .... Yeee.. Ternyata banyak yang udah dengar istilah passion tapi nggak tau artinya. Yuk, kita kupas dulu apa sich artinya passion itu.

Passion itu adalah sesuatu yang kita  tidak pernah bosan untuk melakukannya, passion itu dimana kita akan mengorbankan segala hal untuk mencapai itu, passion itu adalah bentuk panggilan dari alam bawah sadar manusia, passion itu adalah dimana kita tidak memikirkan Untung dan ruginya, passion itu adalah ketika kita melakukan hal begitu saja dan lupa dengan hal yang lain, passion itu sesuatu yang sangat kita sukai , sesuatu yang bisa kita lakukan berjam-jam tanpa merasa capek.

Hahaaaay....Komplit ya. Itu pengertian passion menurut beberapa orang secara personal , biar nggak ngiri jadi dicantumkan semua....😁. Sekarang udah tau kan pengertianya passion itu. Sekarang coba kita raba-raba sendiri apa passion kita. Jadi kita perlu tau dulu , apa passion kita sebelum menentukan atau menjatuhkan pilihan pada bidang usaha yang nantinya akan kita tekuni.

Tapi jika masih belum Nemu juga, dijalani dulu ja nggak apa. Nanti setelah usaha itu berjalan, pasti kita akan menemukan passion dalam diri kita. Karna banyak orang yang nggak tau Lo passion-nya apa. Ada yang bilang passion itu bisa disamakan dengan hobi. Iya juga sich, karna dalam hobi itulah kita bisa mengetahui apa yang kita suka, apa yang membuat kita rela mengorbankan waktu dan membuat kita tidak memikirkan Untung dan ruginya.

Inipun saya alami. Dulu, pertama kali saya memulai usaha, saya masih bingung menentukan mo buka usaha apa. Kalo di dasarkan hobi, hobi saya termasuk banyak banget, di antaranya nyanyi (meski sadar suara saya pas-pasan....Hehe) . Saya juga hobi melukis, tapi saya ingin membuat prodak yang terjangkau dan nggak tertentu aja, karna lukis biasanya mahal dan hanya mereka yang berjiwa seni aja yang menyukainya.

Selain dua hobi di atas, saya juga hobi bongkar pasang apapun itu , tapi kebanyakan hanya bisa bongkar, nggak bisa masang kembali. Jadi menurut saya , saya nggak punya passion disitu...Hehehe lagi. Jadi bingung akhirnya untuk menentukan usaha yang sesuai passion

Akhirnya saya kondisikan aja , memulai usaha dulu sambil mencari yang sesuai passion. Awalnya saya membuat aneka kerajinan dari bahan flanel. Berupa gantungan kunci, tempelan kulkas, Bandu, kaos Sampai home set. Lumayan laku dan banyak pesanan, tapi entah kenapa saya akhirnya bosan sendiri.

Lambat laun produksi menurun Dan kemudian hanya produksi saat ada pesanan. Saya akhirnya merambah ke dunia rajut , lukis kain, sulam dan aneka daur ulang. Wou.....Semuanya karna efek penasaran semata, setelah bisa dan jalan , yasudah .....Saya tidak mendapatkan kepuasan dan saya nilai kurang menguntungkan

Selama dua setengah tahun, rasanya nggak nyaman, dan ketika ada kendala dalam usaha tersebut rasanya seperti kena serangan jantung yang membuat usaha nggak berumur panjang. Baru dech setahun belakangan ini saya nyaman dengan usaha yang saya jalani sekarang. Yaitu jasa membuat mahar dan hantaran, juga membuat souvenir , dompet dan tas handmade.



Semua prodak yang saya kerjakan hanyalah berdasarkan pesanan konsumen. Itulah yang membuat nilai lebih, rasanya bahagia sekali ketika kita bisa membantu mewujudkan barang yang mereka inginkan. Misalnya mahar, saya selalu menanyakan pakai ukuran pigura berapa, konsepnya bagaimana, warna backgroundnya apa dan lain-lain.

Ini hanya contoh aja ya, .... So , saya sangat setuju sekali kalo kita membuka usaha yang di dasarkan pada passion kita. Kalo masih bingung dengan passionya sendiri, coba dulu menjalankannya seperti saya . Pasti lambat laun akan kita tau kog apa passion-nya kita. Tetap semangat yaaa....Yuk nikmati jadi pengusaha, nikmatnya jadi pengusaha . Salam sukses ( Nofi Eka Suryani )
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Entri Populer