Minggu, 29 Januari 2017

Kunjungan Tugas Kuliah Mahasiswi

Hari ini seperti biasa , kami mengerjakan rutinitas seperti membalas chat calon customer, mencatat order yang masuk, mengerjakan order yang sudah deal, mengirim pesanan yang minta dipaketkan , memfoto prodak jadi , dan lain-lain yang merupakan aktivitas harian di tempat workshop kami.

Tapi hari ada yang beda dan spesial,  Tongkat Peri Craft menerima kedatangan2 tamu, dan semua tamunya istimewa .Tamu pertama dari kakak mahasiswa Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya. Yang kedua tamu dari teman pendamping UMKM desa Gayam. 

Nah, yang mau kita share pada kesempatan ini adalah perbincangan kami dengan kakak-kakak dari Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya.   Soalnya suprise dan bikin baper 😂😂😂. Bayangin coba, ketika ditanya, tau informasi Tongkat Peri Craft dari mana ? Jawabnya dari Google. ( Auto baper )

Inti dari kunjungan ini sebenarnya memastikan kelegalitasan yang didimiliki oleh pelaku  usaha mikro menengah ( UMKM ) seperti Tongkat Peri Craft ini. Memang dalam sebuah usaha , kelegalitasan ini sangat diperlukan , disamping itu juga mempunyai beberapa manfaat. Diantaranya adalah menunjukkan bahwa usaha tersebut terlihat benefit, usaha tersebut bukan abal-abal, dan bisa untuk meningkatkan kredible pada konsumennya, juga mempermudah kerjasama dengan pihak ketiga.

Pada kenyataannya tidak semua pelaku UMKM menyadari pentingnya hal ini. Ini terbukti dengan banyaknya pelaku usaha yang tidak tau menahu tentang kelegalitasan sebuah usaha. Banyak di antara mereka yang hanya sekedar membuka usaha dan menjalankannya.

Disinilah diantaranya misi yang di emban dari kakak-kakak mahasiswi ini. Mereka memberikan pengertian dan mensosialisasikan betapa pentingnya sebuah legalitas usaha. Karna teryata ketika melakukan survei di lapangan , banyak sekali pelaku usaha yang belum tau dan paham. 


Pose bersama owner Tongkat Peri Craft ( kiri ) dan perwakilan mahasiswi Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya ( kanan)

Tak lupa , disamping memberikan sosialisasi di atas , tamu kami ini juga tertarik mendengar cerita kami tentang bagaimana kami memulai usaha ini. Bagaimana awal untuk mendapatkan ide, memulai usahanya, memasarkan dan menjalankannya hingga bertahan sampai saat ini


Mereka semakin tertarik saat kami menceritakan tentang perjalanan membangun usaha yang di beri label Tongkat Peri Craft ini. Usaha yang di bangun hanya dengan modal beberapa puluh ribu rupiah saja , dan dengan ide asal-asalan. Prodak pertama yang kami buat adalah segala pernak-pernik dari bahan flanel. Hingga akhirnya meluas pada bidang kerajinan lainnya seperti Payet, sulam, daur ulang, lukis ,dan akhirnya fokus pada dunia yang bersentuhan dengan event party , seperti hias mahar, hias hantaran, penyediaan souvenir, katering ,  papan bunga , dan hias dekorasi .


Banyak sudah hal yang dilewati agar usaha ini terus berkembang, salah satunya adalah inovasi dak kreativitas. Jatuh bangun dalam membangun brand dan juga menjalankan usahanya adalah bagian dari proses . Jadi , bisa dibilang sudah banyak pengalaman yang kami rasakan dalam sekian tahun berjalannya usah ini.

Di akhir obrolan  yang saking serunya saat mendengar  pemaparan kami , mereka tertarik untuk berwirausaha. Alhamdulillah, secara tidak sengaja kami bisa memberi motivasi bagi kaum muda seperti kakak-kakak mahasiswi ini. Memang inilah yang kami harapkan agar kami juga bisa menjadi virus bagi yang lain , agar jangan takut untuk memulai usaha. 

Terimakasih atas kunjungan ke workshop kami, menjadi suatu kehormatan yang luar biasa untuk kami. Semoga bisa saling memberi manfaat. Dan bagi kakak-kakak mahasiswa, forum kewirausahaan ataupun dari pihak manapun yang juga ingin berkunjung ke tempat kami, pintu kami selalu terbuka lebar. Untuk agendanya bisa menghubungi admin kami di 082143186427

Salam sukses 

Related Posts

Kunjungan Tugas Kuliah Mahasiswi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.