Sabtu, 25 Januari 2020

Pelatihan Membuat Mahar Materi Dasar

Dasar dan Tujuan Pelatihan




(Latepost: Kamis, 14 November 2019). Menindaklanjuti permintaan pihak sekolah TK Tunas Harapan I Bojonegoro tempo hari mengenai pelatihan membuat mahar sebagai materi parenting untuk para wali murid di sekolahnya, maka terlaksanalah kegiatan pelatihan ini.

Ibu Sri Agustina dalam hal ini sebagai pelaksana kegiatan parenting siswa menyampaikan tujuannya , agar para wali murid ini disamping mengetahui perkembangan anak di sekolah, bertemu secara langsung dan memberi informasi timbal balik, juga diharapkan irangtua mampu memberikan pendampingan dirumah, mengajak anak untuk lebih aktif dan berkreasi.

Kegiatan parenting ini dilakukan 2-3 kali dalam setahun. Pengertian Parenting sendiri adalah upaya untuk pendidikan yang dilaksanakan orang tua dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia di sekitar lingkungan atau dalam bentuk kegiatan belajar mandiri. Parenting juga berproses interaksi berkelanjutan kepada orangtua terhadap anaknya yang mendapat aktivitas keseharian, keteladan anak melalui informasi yang dibentuk orang tua terhadap anak dan orang yang ada di sekitar lingkungan.


Owner Tongkat Peri Craft , Nofi Eka Suryani ( tengah ) bersama guru dan wali murid



Membuat Mahar Pernikahan Dengan Materi Dasar


Karna sebelumnya kami mempertimbangkan waktu , lokasi dan tujuan, maka untuk pelatihan membuat mahar kali ini , kita buat sesederhana mungkin. Jadi bukan hanya bahan yang kita sederhanakan, tapi waktu juga kita singkat. Karna dari pihak sekolah hanya menyediakan waktu selama 1 jam saja.

Bahan yang diperlukan untuk kegiatan ini antara lain :
- kotak hantaran ( sebagai pengganti pigura )
- plastik ( sebagai ganti kaca, fungsinya untuk mengemas kotak & melindungi dari debu )
- uang mainan
- lem tembak
- isi lem tembak
- gunting
- double tape
- solasi
- bunga artificial

Untuk materi yang kami berikan kali ini adalah materi dasar , yaitu materi melipat. Ini adalah salah satu materi yang paling dasar di mana seseorang baru mulai belajar tentang seni mahar. Karna pada dasarnya seni mahar atau membuat mahar pernikahan itu semuanya memakai teknik melipat

Nah, untuk tema mahar sendiri kami memilih membuat burung. Model ini memang sudah sangat lama , dan mungkin juga sudah banyak orang yang tidak memilih model ini, dikarenakan pergeseran minat dan juga perkembangan dunia seni mahar yang terus bertumbuh.


Pembuatan mahar burung ini memang santa mudah untuk pemula, jadi para wali murid ini pun bisa mengikuti setiap tutorial dengan mudah dan  cepat . Masing-masing wali murid yang sudah dibentuk kelompok , berkreasi sendiri mempercantik lipatan uang yang sudah berbentuk burung . Hasilnya pun lumayan bagus untuk pemula 😊

Tepat sesuai waktu yang di tentukan, pelatihan pun selesai. Nampak beberapa hasil karya per kelompok ini bervariasi. Ada yang  perpaduan warnanya sangat mencolok, ada yang soft, ada juga yang bentuknya belum sempurna, tapi itulah keseruan dan hasil kerja dari para wali murid. Hasil dari pelatihan  mahar ini nantinya akan disimpan di sekolahan  sebagai kenangan sekaligus hiasan dinding sekolah.



Pelatihan mahar


Peserta pelatihan mahar sedang berkreasi



Nah, bagi pihak sekolah ataupun instansi yang ingin juga mengadakan pelatihan seperti ini untuk mengisi materi sisipan pada kegiatan pada tempatnya , bisa menghubungi kami. Untuk materi , durasi dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan bisa dikomunikasikan, dan bisa menghubungi kami dengan datang ke tempat workshop atau melalui telepon/wa 082143186427

Salam berbagi





Related Posts

Pelatihan Membuat Mahar Materi Dasar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.